Senin, Agustus 03, 2009

MASALAH POKOK EKONOMI


Pernahkah kamu atau keluarga Anda mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari misal ketika ayah Anda kehilangan pekerjaan (di PHK) Pada saat itu Anda ingin membantu orangtua Anda bukan? Apa yang akan Anda lakukan?
Ayo kita lihat kisah teman kita, Shanty, berikut ini.
Saat ini keluarga Shanty sedang mengalami permasalahan tersebut di atas. Kemudian Shanty memutuskan untuk mencari uang dengan menjual makanan di sekitar rumah dan sekolahnya. Selanjutnya, ia mulai menganalisis pertanyaan-pertanyaan seperti ini :
1. Makanan apa yang harus dibuat sebelum ia berangkat sekolah? Melihat waktu yang sempit Shanty memutuskan untuk membuat goreng-gorengan atau pangan kecil seperti : ubi, singkong, tahu, dan pisang goreng.
2. Bagaimana cara membuatnya? Siapa saja yang akan membantu? Shanty membagi tugas untuk ayah, ibu, dan adiknya. Ayah dan ibu bertugas membeli bahan-bahan makanan di pasar setiap malam. Shanty dan adiknya bertugas membuat makanan dibantu ibu.
3. Siapa sajakah orang-orang yang akan mengkonsumsi gorengan itu? Shanty berharap gorengan itu dapat dikonsumsi oleh yang membutuhkan sarapan, untuk itu ibu menitipkannya ke warung di dekat rumah, Shanty dan adik juga menitipkan gorengan di kantin sekolah.
Anda lihat bahwaShanty sudah dapat menjawab ketiga pertanyaan tersebut, bukan? Jawaban yang diberikan berupa tindakan ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi keluarganya. Cobalah anda ingat kembali permasalahan ekonomi yang Anda dan keluarga pernah alami. Apa yang Anda lakukan saat itu ?
Contoh di atas merupakan salah satu masalah ekonomi sebuah masyarakat kecil, yaitu keluarga. Masyarakat umum dan negarapun harus menjawab tiga pertanyaan tersebut.
Ayo, kita lihat lebih dekat tiga pertanyaan mendasar tersebut.
Dalam masyarakat banyak permasalahan yang dihadapi. Secara klasik dalam ilmu ekonomi dapat dijawab melalui kata tanya apa, bagaimana, dan siapa yang mampu mengatasi masalah tersebut, sehingga yang menjadi pokok masalah ekonomi ada tiga, yaitu: konsumsi, produksi dan distribusi.
1.Masalah Pokok Ekonomi Klasik
Konsumsi
Konsumsi adalah: suatu kegiatan yang menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu benda. Dalam kegiatan ekonomi yang dinamakan konsumsi, manusia menggunakan semua benda yang mereka butuhkan. Macam-macam kebutuhan yang digunakan dalam ekonomi klasik hanya terjadi secara sederhana saja. Seseorang atau disebut konsumen dalam kegiatan ekonomi hanya menghabiskan dan mengurangi nilai guna atau manfaat suatu benda saja. Dalam menghabiskan benda, konsumen benar-benar memakai benda tersebut tanpa sisa. Contohnya : makan, minum, dan lain sebagainya. Sedangkan jika mengurangi nilai guna, maksudnya konsumen menggunakan benda tersebut tidak sekaligus habis. Contohnya : memakai pasta gigi, sabun mandi, dan lain-lain.
Produksi
Produksi adalah : suatu kegiatan yang menghasilkan atau menambah nilai guna suatu benda. Pada kegiatan produksi, lebih cenderung dikenal sebagai produsen atau penghasil/mengolah suatu benda.
Distribusi
Distribusi adalah : suatu kegiatan yang menyalurkan benda dari produsen ke konsumen.

Pokok masalah tadi selanjutnya diperluas oleh aliran ekonomi modern, yaitu apa dan berapa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi.
2.Masalah Pokok Ekonomi Modern
Apa dan Berapa Barang Yang Akan Diproduksi (What).
Masyarakat harus menentukan jenis dan jumlah barang atau jasa yang akan diproduksi dan menentukan kapan proses produksi dilakukan (Paul A Samuelson, 2002). Sumber daya yang tersedia jumlahnya terbatas atau langka sehingga tdak ada perekonomian yang dapat memproduksi barang dan jasa sebanyak yang diinginkan oleh seluruh anggota masyarakatnya.
Apakah kita akan memproduksi beras atau gandum? Apakah kita akan membangun lebih banyak rumah mewah atau rumah sederhana? Dalam hal ini masyarakat harus memilih barang apa saja yang akan diproduksi atau berapa banyak barang tersebut diproduksi.
Bagaimana Cara Memproduksi (How)?
Setelah jenis dan jumlah produksi dipilih, persoalan yang harus dipecahkan adalah: bagaimana barang tersebut diproduksi? - siapa yang memproduksi? - sumber daya apa yang digunakan? - teknologi apa yang digunakan?
Barang dan jasa biasanya dapat diproduksi dengan kombinasi sumber daya dan teknik yang berbeda. Oleh sebab itu masyarakat menghadapi masalah pemilihan teknik mengolah sumber daya dengan biaya paling sedikit untuk setiap satuan barang dan jasa yang diputuskan untuk diproduksi.
Untuk siapa barang diproduksi (For Whom)?
Setelah pemecahan persoalan bagaimana memproduksi lebih lanjut adalah: untuk siapa ( for whom) barang yang akan diproduksi? - siapa yang harus menikmati? Masyarakat harus menentukan seberapa banyak kebutuhan dari setiap konsumen harus dipenuhi. Siapa yang membutuhkan buah-buahan impor. Untuk siapa barang-barang mewah diproduksi?
Nach, agar Anda lebih memahami masalah pokok ekonomi ini Anda dapat mengisi tabel di bawah ini.
TABEL MASALAH POKOK EKONOMI

EKONOMI KLASIK EKONOMI MODERN
1................................1..................................
2................................2..................................
3................................3..................................

LATIHAN KEGIATAN 3
Jawablah pertanyaan berikut ini.
1.Jika Anda mengalami masalah ekonomi, apakah yang Anda lakukan? Setujukah Anda jika untuk menyelesaikan masalah tersebut harus menghadirkan kata tanya : apa, bagaimana dan untuk siapa ? jelaskan jawaban Anda!.
2.Apakah yang menjadi pemecahan permasalahan dalam ekonomi klasik?
3.Dan apakah pula yang menjadi pemecahan permasalahan dalam ekonomi modern?
4.Dapatkah Anda menjelaskan kata tanya “untuk siapa barang diproduksi?” menurut pendapat Anda?

8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  3. Nama : Devy prabangsari
    Kelas: X-D

    1. saya akan membantu orang tua saya mencari nafkah. pasti menghadirkan apa, siapa, bagaimana karena itu dapat menyelesaikan masalah ekonomi.

    2. -konsumsi :kegiatan yang menghabiskan
    atau mengurangi nilai guna suatu
    benda.
    -produksi :suatu kegiatan yang menghasilkan
    atau menambah nilai guna suatu
    benda.
    -distribusi:suatu kegiatan yang menyalurkan
    benda dari produsen ke konsumen.

    3.-Apa dan Berapa Barang Yang Akan
    -Untuk siapa barang diproduksi
    -Bagaimana Cara Memproduksi

    4. adlh siapa yang memerlukan barang tsb, dan siapa saja yang menikmati hasilya.

    BalasHapus
  4. Amalia Nurfauziah X-D

    1.Ya saya setuju .
    -apa: dimana masyarakat harus menentukan jenis dan jumlah barang / jasa yang akan diproduksi.
    -bagaimana: masalah dalam hal ini adalah teknologi /metode produksi apa yang digunakan untuk memproduksi suatu barang dean bagaimana menkombinasikan faktor2 produksi agar berhasil guna dan berdaya guna.
    -untuk siapa: persoalan selanjutnya adalah untuk siapa barang yang akan diproduksi .masyarakat harus menentukan seberapa banyak kebutuhan dan setiap konsumen harus dipenuhi.

    2. Dapat dijawab melalui kata tanya apa,bagaimana,dan siapa yang mampu mengatasi masalah tersebut sehingga yang menjadi pokok masalah ekonomi ada 3 yaitu konsumsi,produksi dan distribusi.

    3. Dapat dijawab dengan apa dan berapa ,bagaimana dan untuk siapa barang produksi.

    4. Untuk siapa :masalah ini adalah untuk siapa barang yang akan diproduksi .masyarakat harus memilih dan menentukan seberapa banyak kebutuhan dan setiap konsumen harus dipenuhi.

    BalasHapus
  5. Masalah Pokok Ekonomi
    1. Tentu saja saya akan mencari jalan keluar agar bisa terlepas dari masalah ekonomi yang saya hadapi ini. Saya harus tau apa yang akan saya lakukan untuk menangani masalah ekonomi tersebut, bagaimana caranya dan siapa yang bisa membantu dan menjadi konsumsinya. Oleh sebab itu, saya sangat setuju bila dalam setiap masalah ekonomi yang sedang dihadapi kita harus mencantumkan kata tanya apa, bagaimana, dan siapa dalam pikiran kita sehingga masalah ekonomi tersebut dengan mudah dapat terselesaikan.
    2. Di dalam ekonomi klasik terdapat tiga pokok masalah yaitu produksi, konsumsi, dan distribusi. Untuk mengatasi masalah ekonomi klasik ini pemecahan masalahnya adalah dengan memakai kata tanya apa dan berapa, bagaimana, dan siapa. dengan begitu kita dapat membuat pertanyaan apa yang akan diprodukusi, bahan apa yang diperlukan, berapa banyk barang yang akan diproduksi, bagaimana cara menyalurkan atau mendistribusikan barang-barang produksinya, dan siapa yang menjadi konsumennya.
    3. Di dalam ekonomi modern kita dapat menggunakan kata tanya apa dan berapa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi sebagai pemecah masalah ekonomi. dengan menjawab apa yang akan diproduksi, barang apa saja yang akan diproduksi, berapa jumlah barang yang akan diproduksi, berapa jenis barang yang harus diproduksi, bagaimana barang produksi sampai ketangan konsumen, bagaimana menyalurkan atau mendistribusikan barang brang produksi yang sudah siap dijual, siapa yang akan menikmati barang produksi tersebut kita dapat memecahkan masalah ekonomi yang melanda kita dengan mudah.
    4. Untuk kata tanya "untuk siapa barang diproduksi" sangat membantu menyelesaikan masalah ekonomi. pada kata tanya tersebut dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan siapa yang akan menyalurkan barang produksi yang telah siap dikemas, siapa yang menikmati hasil barang produksi tersebut? banyak atau tidak, tingkat ekonomi apa saja yang lebih banyak meminati barang produkusi tersebut.


    zhika rahma safitri kelas X-E

    BalasHapus
  6. . Yang harus di lakukan berusaha dapat memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas dengan benda pemuas kebutuhan atau sumber-sumber daya yang terbatas. Setuju. Untuk menyelesaikan suatu masalah dapat di hadirkan kata :
    $ Apa : Karena sumber daya terbatas yang merupakan masalah ekonomi, masyarakat harus memutuskan barang apa yang akan diproduksi.
    $ Bagaimana : Hal yang berkaitan dengan masalah metode produksi ini adalah bagaimana melakukan proses produksi tersebut seefisien mungkin sehingga produksi dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan.
    $ Untuk Siapa : Permasalahan di sini adalah, siapa yang memerlukan barang tersebut dan siapa saja yang menikmati hasilnya. Tentu saja di sini Untuk Siapa barang di produksi, tentunya untuk konsumen.
    2. Masalah ekonomi yang dikemukakan oleh pengamat ekonomi modern dengan ekonomi klasik pada prinsipnya adalah sama, hanya penekanannya yang berbeda.

    3. Ekonomi modern mengakomodasikan masalah ekonomi dalam tiga masalah pokok, yaitu barang apa yang diproduksi dan berapa jumlahnya, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa barang tersebut diproduksi.

    4. Barang yang diproduksi diperuntukan untuk para konsumen. Suatu produksi oleh produsen dapat menghasilkan suatu barang maupun jasa yang diproduksi untuk konsumen.

    LATIHAN KEGIATAN 4

    1. Yang harus saya lakukan adalah dilihat dari kualitas dan mutu barang tersebut dan harga barang tersebut dapat mencukupi uang kita atau tidak.

    2. # Biaya Eksplisit adalah Biaya yang benar-benar dikeluarkan. Contoh : Biaya Tenaga Kerja, Biaya bahan-bahan, Biaya Peralatan.
    # Biaya Implisit adalah Biaya yang muncul karena melakukan suatu kegiatan dan mengorbankan kegiatan yang lain. Contoh : Gaji Karyawan, Bunga Deposito, dan Biaya Sewa.

    3. Modal Tuan Reza Facrurrozi

    Penerimaan Total ( Modal ) Rp 100.000

    Bahan & Peralatan berupa Rp -
    Kitchen Set
    Rp 100.000
    Laba Akutansi Rp 100.000

    4. # Biaya Sehari-hari adalah Pengorbanan yang harus dilakukan untuk melakukan suatu kegiatan, tanpa memperhitungkan kerugian karena dikorbankannya kegiatan lain. Contoh : Perabotan Rumah Tangga, Ongkos Anak Sekolah, Transportasi, dan lain-lain.
    # Biaya Peluang adalah Biaya yang muncul secara Implisit karena melakukan suatu kegiatan dan mengorbankan kegiatan yang lain. Contoh : Biaya Tanah yang diperlukan untuk membangun Jalan Raya, Biaya Kuliah di Perguruan Tinggi, Biaya Gaji untuk Pekerja yang bekerja dengan kita.
    5. @ Laba Ekonomi adalah Pendapatan dikurangi biaya eksplisit dan Implisit.
    @ Laba Akutansi adalah Pendapatan atau penerimaan dikurangi biaya eksplisit.

    BalasHapus
  7. Nama : Binta Ninda Mayseva Marrin
    Kelas : X_F
    No. Absen : 10





    1. Yang harus di lakukan berusaha dapat memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas dengan benda pemuas kebutuhan atau sumber-sumber daya yang terbatas. Setuju. Untuk menyelesaikan suatu masalah dapat di hadirkan kata :
    $ Apa : Karena sumber daya terbatas yang merupakan masalah ekonomi, masyarakat harus memutuskan barang apa yang akan diproduksi.
    $ Bagaimana : Hal yang berkaitan dengan masalah metode produksi ini adalah bagaimana melakukan proses produksi tersebut seefisien mungkin sehingga produksi dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan.
    $ Untuk Siapa : Permasalahan di sini adalah, siapa yang memerlukan barang tersebut dan siapa saja yang menikmati hasilnya. Tentu saja di sini Untuk Siapa barang di produksi, tentunya untuk konsumen.

    2. Masalah ekonomi yang dikemukakan oleh pengamat ekonomi modern dengan ekonomi klasik pada prinsipnya adalah sama, hanya penekanannya yang berbeda.

    3. Ekonomi modern mengakomodasikan masalah ekonomi dalam tiga masalah pokok, yaitu barang apa yang diproduksi dan berapa jumlahnya, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa barang tersebut diproduksi.

    4. Barang yang diproduksi diperuntukan untuk para konsumen. Suatu produksi oleh produsen dapat menghasilkan suatu barang maupun jasa yang diproduksi untuk konsumen.

    BalasHapus
  8. Nafisah
    X-E

    1.ayah ani masuk rumah sakit dan memerlukan biaya yang sangat besar untuk oprasinya, ani ingin embantu ibunya, dangan berjualan
    apa yang dapat dijual oleh ani? ani ingin menjual kalumg dan gelang buatanya
    bagaimana cara membuatnya? ani membeli berbagai manik manik dan meroncenya hingga menjadi sebuah gelang
    siapa sajakah yang membeli? ani menjual gelang dan kalung buatannya di sekolah, dengan harapan temn temannya mau membeli
    2.yang menjadi pemecahan permasalahan dalam ekonomi klasik adalah konsumsi, distribusi, dan produksi
    3.yang menjadi pemecahan permasalahan dalam ekonomi modern yaitu apa dan berapa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi.
    4.barang barang diproduksi untuk masyarakat yang memerlukannya

    BalasHapus