Senin, April 09, 2012

MODUL T I K - 4


APLIKASI MENU Ms.EXCEL PADA AKUNTANSI

      Beberapa menu dan fungsi dalam Microsoft Excel yang digunakan dalam program akuntansi ini adalah sebagai berikut.

A.     Tombol Hyperlink
1.      Buatlah sebuah shape yang Anda inginkan, misalnya snip diagonal corner rectangle.
       
2.      Setelah itu, beri sentuhan design dengan fasilitas yang sudah disediakan oleh Ms. Excel 2007, yatu Shape Style. Kemudian pilih sesuai selera Anda misalnya Intense Effect accent 5.

3.      Berilah keterangan teks pada tombol tersebut dengan cara klik kanan, pilih Edit Text. Misalnya kita akan mengetik kata Neraca Saldo.

4.      Anda dapat memberikan sentuhan design pula pada teks tersebut dengan menggunakan fasilitas Word Art Style, dan pilihlah sesuai selera Anda.

5.      Pada saat membuat tanda link/tanda hubung kepada yang lainnya, klik button buatan Anda tersebut, kemudian pilih menu Tab Insert dan klik Menu Hyperlink.

6.      Setelah itu akan muncul kotak dialog Insert Hyperlink. Isilah sesuai dengan keinginan Anda.
               
Keterangan: Link to
Exciting File or Web Page
Untuk dihubungkan pada file yang telah adaatau web page yang akan Anda buka.
Place in This Document
Untuk dihubungkan baik pada sheet Maupin defines name yang telah Anda buat dan terdapat pada document tersebut.
Create New Document
Untuk dihubungkan pada dokumen yang baru akan Anda buat.

7.      Pada kesempatan ini, kita akan menghubungkan pada sheet2 dengan memilih link to: place in this document. Setelah selesai klik OK. Hasilnya adalah sebagai berikut.

B.     Mengedit Hyperlink
      Untuk melakukan pengeditan pada hyperlink tersebut, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.
a.   Klik kanan pada Neraca Saldo yang telah Anda buat. Setelah itu, pilih Edit Hyperlink.

b  Akan muncul kotak dialog Edit Hyperlink, Anda dapat memilih atau mengedit ke arah mana tombol tersebut akan dihubungkan sesuai dengan keinginan Anda.

C.     Accounting dan Currency
1.      Penempatan Mata Uang
      Untuk menempatkan mata uang pada data keuangan Anda, banyak orang yang menggunakan category currency. Langkah-langkah untuk menambahkan currency adalah sebagai berikut.
a.       Siapkan sebuah data keuangan Anda, yang akan menggunakan mata uang.

b.      Blok cell yang mengandung nilai mata uang tersebut, klik kanan kemudian pilih Format Cells
c.       Akan muncul kotak dialog Format Cells.
d.      Pilihlah Currency, kecik Decimal Places dengan angka 2 dan pilih Symbol atau mata uang yang Anda inginkan, misalnya Rp atau Rp Indonesian. Setelah itu klik OK.
    
                                           
e.       Hasilnya adalah sebagai berikut.
                         

       Secara prinsip data itu tidak ada yang salah, namun ketika kita menginginkan sebuah data yang rapi dan menarik, tentu saja kita harus mengaturnya agar tampak lebih baik. Untuk membuat mata uang tersebut rata kiri, dan nominal uang tersebut rata kanan sehingga tampak rapi, tipsnya adalah sebagai berikut.
1.      Setelah melakukan blok, dan klik kanan format cell, pilihlah Accounting, dan pilih mata uang yang Anda inginkan.
                   
2.      Kemudian klik OK, hasilnya adalah sebagai berikut.
                    
3.      Nampak lebih rapi dan menarik bukan? Tips tersebut dapat Anda praktekkan di lingkungan Anda.

D.    File Protection
      File akuntansi yang kita kerjakan beberapa file merupakan file rahasia yang tidak semua orang dapat membukanya. Ms.Excel 2007 menyediakan file protection agar si pengguna lain tidak dapat membuka file dan bahkan mengoperasikannya. Untuk melakukan file protection tersebut lakukan langkah-langkah berikut ini.
1.      Klik Office Button
2.   Pilih Prepare, pilih Encript Document untuk mengunci file agar ketika dibuka file tersebut meminta password.

3.      Setelah itu akan muncul kotak dialog Encript Document, isilah dengan nama password  yang Anda inginkan, kemudian klik OK.

         
4.      Akan muncul konfirmasi terhadap nama password yang Anda pilih, kemudian ketik ulang password tersebut, lalu klik OK.
                                 
5.      Setelah melakukan hal tersebut, file yang ingin Anda amankan terlihat dengan tanda sebagai berikut.
6.      Jangan lupa klik save untuk mengakhiri proses tersebut. Jika Anda tidak melakukan save, maka file tersebut tidak terproteksi dengan baik. Untuk membukanya kembali file tersebut, hasilnya adalah sebagai berikut.
7.      Isilah kembali nama password yang anda pilih tadi pada kotak dialog Password untuk membuka file tersebut.
      Saat ini banyak sekali tersedia berbagai software yang dapat membuka file yang terproteksi dengan berbagai metode. Sesuatu yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan nama password di atas 10 digit agar file tersebut dapat dirasakan aman.
E.     Drop Down List
      Ketika bekerja mengelola keuangan dengan Ms. Excel 2007, seringkali kita dihadapkan pada sesuatu masalah untuk mengisi suatu cell dengan isian yang mempunyai suatu batasan tertentu, misalnya cell tersebut hanya akan diisi nama bulan, nama orang, atau yang lainnya.
       Hal ini dirasakan cukup sulit jika saat kita akan mengedit isi cell tersebut, kita harus mengetik ulang. Oleh karena itu, Ms. Excel 2007 memfasilitasinya dengan menu drop down list, yaitu kita dapat memilih isian dari daftar yang tersedia atau tetap dengan cara manual mengetikkannya, bahkan dapat memodifikasi pesan petunjuk saat cell tersebut dipilih atau pesan error saat cell diisi secara manual dan tidak sesuai dengan daftar yang tersedia.
Langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membuat dropdown list adalah sebagai berikut.
1.      Ketikan nama yang kita inginkan, misalkan daftar nama berikut pada sheet2.
2.      Blok range cell A2:A6, gunakan Name a range untuk memberi nama kolom tersebut dengan cara, klik kanan, pilih Name a range.
 
3.      Setelah itu akan muncul kotak dialog New Name, lalu isilah kolom name dengan Nama, lalu klik OK.

  1. Klik sheet1 untuk meletakkan dropdown list daftar nama di kolom nama.
  2. Untuk membuat dropdown list daftar nama yang telah kita buat, letakkan kursor di bawah kolom Nama, kemudian pilih menu tab Data, klik Data Validition.
  1. Akan muncul kotak dialog Data Validition. Setelah itu pilih menu List pada menu Allow dan pada bagian source ketikan range cell (nama range cell jika pada sheet berbeda). Sourcenya kita beri nama daftar nama sesuai nama range cell yang kita buat sebelumnya. Lalu klik OK.
  1. Hasilnya adalah sebagai berikut.

Buku Sumber :  Maaf belum ditampilkan. ()