Kamis, Juli 23, 2009

MODUL KELANGKAAN


1.Kelangkaan Alat Pemuas Kebutuhan
Penciptaan dan pengolahan benda hingga menjadi lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia memerlukan usaha atau produksi, dengan mencurahkan bahan bahan dasar, tenaga, pikiran, waktu, peralatan, uang dan keahlian yang kesemuanya disebut sumber daya produksi.
Sumber daya alam : adalah benda dan kekuatan yang tersedia di alam semesta, yang secara langsung atau tidak langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, misalnya: tanah, air, sinar matahari, barang-barang galian, dsb.
Sumber daya manusia : sumber daya manusia ini meliputi tenaga jasmani dan rohani yang diperlukan untuk mengambil dan mengolah sumber alam, hingga menjadi benda yang lebih berguna.
Sumber daya modal : adalah barang-barang (sarana) yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang lain, misalnya: uang, bahan mentah, mesin, perkakas, dsb.
Wira usaha/skill : adalah sumber daya manusia yang menyatukan ketiga sumber daya (alam, tenaga kerja, dan modal) dan bertanggung jawab atas kelancaran usaha produksi.
Sekarang marilah kita tinjau kembali sumber daya produksi tadi, tapi tolong tuliskan dulu apakah sumber daya produksi itu?
1. ..................................................................................
2. ..................................................................................
3. ..................................................................................
4. ..................................................................................

Sumber daya produksi tadi sifatnya terbatas, sedangkan kebutuhan manusia tidak terbatas. Kenyataan ini terbukti dari sulitnya manusia memperoleh sumber alam, tenaga kerja, modal maupun wira usaha.
Seseorang baru dapat memperoleh sumber daya tadi setelah seseorang tersebut mengeluarkan berbagai pengorbanan. Namun demikian ternyata masih ada juga yang tidak mampu memperolehnya, apakah karena memang sudah habis, jumlahnya sedikit atau mereka tidak mampu mengeluarkan pengorbanan yang disyaratkan. Keadaan benda pemuas yang terbatas inilah yang disebut dengan kelangkaan.
Apakah yang menyebabkan kelangkaan alat pemuas kebutuhan itu ? Penggundulan hutan, penambangan liar, limbah pabrik atau malas belajar, bagaimana pendapat anda tentang jawaban itu ?
Nah, baiklah kita lihat penyebab kelangkaan itu.
Sebab-sebab kelangkaan antara lain adalah :
a. Terbatasnya persediaan sumber daya alam.
b. Terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah alam.
c. Keserakahan manusia dengan akibat berkurangnya benda pemuas kebutuhan, atau menjadi cepat rusaknya benda, misalnya: penebangan hutan liar.
d. Meningkatnya kebutuhan manusia yang lebih cepat dari kemampuan manusia untuk menghasilkan atau belum ditemukannya sumber-sumber baru.
Kelangkaan itu dialami setiap orang, setiap bangsa dan oleh setiap negara. Meskipun situasi dan kondisinya berbeda-beda, namun pokok masalahnya sama.
Nach, coba tuliskan kembali, apa pokok masalah ekonomi itu!
........................................................................................................................................................................................................................................
Benar! Pokok masalah ekonomi itu adalah:
Bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam dan terus bertambah dihadapkan dengan ketersediaan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.
Nah! Coba persiapkan untuk melaksanakan tugas berikut!

1.Bentuklah kelompok (5 orang) untuk melakukan kunjungan/pengamatan pada perusahaan/ home industry (meubeler, batako, genteng, ukir-ukiran, pabrik tahu, pabrik tempe, dsb.).
2.Amati dan catatlah faktor produksi apa saja yang dipergunakan!
3.Catat, berapa jumlah produksi dan dijual ke mana saja!
4.Buatlah laporan hasil kunjungan/pengamatan Anda dan serahkan kepada Guru Anda pada saat pertemuan berikutnya.
2. Pengertian Ilmu Ekonomi
Dalam kehidupan sehari-hari, pasti Anda sering mendengar perkataan ekonomi. Coba sebutkan, apa saja yang mengandung perkataan ekonomi! Ya! Dapat juga ditambahkan, misalnya: pembangunan ekonomi, kesulitan ekonomi, golongan ekonomi lemah, pelayanan ekonomi, dan banyak lagi.
Istilah ekonomi mula-mula berasal dari perkataan Yunani. Oikos berarti rumah tangga, dan nomos berarti aturan.
Perubahan kata ekonomis menjadi ekonomi mengandung arti aturan yang berlaku untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam suatu rumah tangga.
Tentunya Anda akan bertanya: “ Apakah rumah tangga keluarga?” Rumah tangga dalam hal ini dapat meliputi rumah tangga perorangan (keluarga), badan usaha atau perusahaan rumah tangga pemerintah dsb.
Nah! Kapan ilmu ekonomi dikenal dan mulai dipelajari?
Sebelum orang mengenal ilmu ekonomi, raja-raja dan para cerdik pandai pada jaman dahulu menggunakan ilmu filsafat sebagai dasar untuk mengatur dan memecahkan persoalan ekonomi.
Dengan semakin pentingnya peranan ekonomi dalam kehidupan, mulailah banyak ahli yang tertarik untuk memecahkan persoalan ekonomi, karena filsafat tidak lagi sanggup memecahkan seluruh masalah yang berkembang di masyarakat.
Ilmu ekonomi:Bahan kajian yang mempelajari upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup di masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan.
Bidang yang dipelajari oleh ilmu ekonomi sangat luas, yaitu tentang tingkah laku manusia dalam masyarakat, dalam usahanya mencari nafkah dan segala apa yang berhubungan dengan itu.
Sebetulnya banyak lagi definisi yang dapat diberikan, tetapi hakekatnya sama didasarkan kepada kebutuhan manusia.
Dalam perkembangannya, ilmu ekonomi kemudian bercabang-cabang mengikuti perkembangan kehidupan ekonomi itu sendiri. Secara garis besar, perhatikan bagan pembagian ilmu ekonomi berikut ini.

Ilmu ekonomi deskriptif adalah kajian yang memaparkan secara apa adanya tentang kehidupan ekonomi suatu daerah atau negara pada suatu masa tertentu. Misalnya:
- Ekonomi Indonesia pada tahun 70-an.
- Ekonomi Jepang pasca perang dunia II.
Selain itu ilmu ekonomi juga dibahas khusus secara teori yaitu makro ekonomi dan mikro ekonomi. Ilmu ekonomi teori ini membahas gejala-gejala yang timbul sebagai akibat perbuatan manusia dalam usahanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Dalam hal ini makro ekonomi, mengkaji tentang pendapatan nasional, kesempatan kerja, pengangguran, inflasi, dsb.
Mikro ekonomi, hanya mempelajari bagian-bagian dari teori ekonomi secara lebih mendalam seperti: pembentukan harga, rumah tangga produksi, konsumen, dsb.
Cabang yang ketiga dari ilmu ekonomi adalah ekonomi terapan. Ilmu ekonomi terapan merupakan cabang ilmu yang membahas secara khusus tentang penerapan teori ekonomi dalam suatu rumah tangga produksi, misalnya: ekonomi perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan, dsb.
Bagaimana kaitan ilmu ekonomi dengan ilmu-ilmu yang lain? Karena perbuatan manusia sebagian besar ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka ilmu ekonomi dapat dikatakan memegang peranan penting dalam kehidupan sosial.
3. Hubungan Ilmu Ekonomi dengan Kemakmuran
Lalu bagaimanakah kaitan antara ilmu ekonomi dengan kemakmuran?
Ilmu ekonomi terkait erat dengan kemakmuran. Bukankah sudah kita ketahui, bahwa ilmu ekonomi adalah bahan kajian yang mempelajari upaya memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran atau dapat pula dinyatakan bahwa hakekat mempelajari ilmu ekonomi itu terbatas pada kesejahteraan material saja?
Nah! Kalau begitu, jika masyarakat sejahtera berarti masyarakat tersebut mengalami kemakmuran. Masyarakat dikatakan makmur apabila semua kebutuhan materi dapat dipenuhi dengan sebaik-baiknya, dan tingkat kemakmuran dapat diukur dari banyaknya barang dan jasa yang dihasilkan serta banyak barang dan jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
4. Kegiatan Ekonomi
Nah, sebagaimana kita kaji hubungan ilmu ekonomi dengan kemakmuran, tentunya Anda setuju jika dikatakan bahwa untuk mencapai kemakmuran, kita harus melakukan kegiatan ekonomi.
Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan tersebut bila kita kelompokkan meliputi kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.
5. Rumah Tangga Keluarga
Rumah tangga keluarga adalah tata kehidupan yang berlaku dalam satu keluarga. Keluarga dalam hal ini meliputi kelompok masyarakat yang terdiri dari suami isteri beserta anak-anaknya.
Coba Anda pikirkan, persoalan apakah yang dihadapi oleh setiap keluarga?
Persoalan yang dihadapi oleh semua rumah tangga keluarga adalah: bagaimana cara memperoleh barang dan jasa agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. Untuk itu ada anggota keluarga yang bekerja sebagai petani, pengrajin, buruh, pegawai atau sebagai pedagang.
Nah! Terus apa peran rumah tangga ini dalam kegiatan ekonomi?
Dalam kegiatan ekonomi mereka berperan sebagai pemakai barang atau jasa sekaligus sebagai sumber daya produksi yakni menyediakan tenaga dan modal.
Lalu apa peranan perusahaan dalam kegiatan ekonomi?
6.Rumah Tangga Produksi (Perusahaan)
Perusahaan merupakan suatu organisasi yang menyatukan sumber daya produksi untuk menghasilkan barang atau jasa dengan tujuan mencari laba. Adapun peranan perusahaan dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai penyedia barang dan jasa bagi masyarakat.
Bagaimana dengan pemerintah? Coba Anda pikirkan apa peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi?
7. Rumah Tangga Pemerintah
Sebagaimana telah kita kaji, pemerintah dapat melakukan campur tangan dalam kehidupan perekonomian. Campur tangan pemerintah dapat dalam bentuk peraturan atau pengarahan dan perlindungan.
Nah! Dalam kegiatan ekonomi, pemerintah berperan sebagai pengatur, pelindung sekaligus menyelenggarakan jasa-jasa untuk keperluan masyarakat, seperti: pembuatan jalan, jembatan, sekolah dan fasilitas lainnya.
Selain pemerintah, pelaku ekonomi yang keempat adalah luar negeri. Tahukah Anda, apa peranan luar negeri dalam kegiatan ekonomi?
Betul! Luar negeri dalam kegiatan ekonomi dapat berperan sebagai penanam modal, pemasok tenaga kerja (ahli), pemakai barang (ekspor bagi kita) dan pemasok hasil produksi yang kita butuhkan (impor bagi kita).

Ulangi membaca dan jika Anda telah menguasainya, kerjakan latihan soal pada modul 2 ini. Semoga Anda berhasil mengerjakannya, dan jika belum berhasil ulangi membaca, yakin Anda pasti bisa!

LATIHAN KEGIATAN 2
Jawablah pertanyaan berikut ini.
1.Apakah yang dimaksud dengan kelangkaan? Jika banyak air yang terdapat di laut dan banyak air yang ada dalam bak mandi Anda, namun di daerah tertentu orang harus membeli air, maka anda dapat menjelaskan arti dari kelangkaan tersebut.
2.Jelaskan menurut pendapat Anda mengenai pembalakan liar, penambangan liar, dan apakah hubungannya dengan kelangkaan.
3.Bedakan pengertian dari ilmu ekonomi terapan dengan deskriptif.
4.Apakah peranan rumah tangga konsumen dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
5.Jelaskan peranan rumah tangga pemerintah menurut pendapat Anda.

------000------

6 komentar:

  1. Nama : Bangkit Putra Pamungkas
    Kelas: X-D
    Absen: 6

    1.Kelangkaan ialah sesuatu yang hampir punah sehingga sulit dicari/ditemukan.

    2.Pembalakan liar dapat membuat kelangkaan karena dengan menebangi pohon-pohon persediaan kayu akan habis/punah.

    3.Ekonomi terapan ialah kegiatan ekonomi yang biasa kita lakukan sehari-hari
    Ekonomi deskriptif ialah gambaran-gambaran mengenai kegiatan ekonomi.

    4.Dalam memenuhi kebutuhan ekonomi,rumah tangga konsumsi akan memakai/menggunakan barang dari rumah tangga produksi.

    5. Peranan rumah tangga pemerintah yaitu seperti membuat aturan-aturan,dan perlindungan,sekaligus menyelenggarakan jasa-jasa untuk melayani masyarakat seperti: pembuatan jalan, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas lainnya

    BalasHapus
  2. 1.Kelangkaan ialah kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan kebutuhan kita .

    2.Pembalakan liar dapat membuat kelangkaan karena dengan menebangi pohon-pohon persediaan kayu akan habis/punah.

    3.ekonomi deskriptif kajian yang memaparkan secara apa adanya tentang kehidupan ekonomi suatu daerah atau negara pada suatu masa tertentu . Ilmu ekonomi terapan merupakan cabang ilmu yang membahas secara khusus tentang penerapan teori ekonomi dalam suatu rumah tangga produksi,

    4.Dalam memenuhi kebutuhan ekonomi,rumah tangga konsumsi akan memakai/menggunakan barang dari rumah tangga produksi.

    5. Peranan rumah tangga pemerintah yaitu seperti membuat aturan-aturan,dan perlindungan,sekaligus menyelenggarakan jasa-jasa untuk melayani masyarakat seperti: pembuatan jalan, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas lainnya

    nabilah - xd - 30

    BalasHapus
  3. 1. kelangkaan adalah suatu sumber daya yang dibutuhkan oleh orang banyak tapi sayangnya sumber daya tersebut semakin sedikit sehingga masyarakatpun sulit untuk mendapatkannya.
    2. Pembelalakan liar dan penambangan liar harus dicegah secepat mungkin karena bila tidak akan berdampak besar bagi sekitarnya dan masyarakat, dan bila terus menerus dibiarkan mereka melakukan pembelalakan liar dan penambangan liar maka sumber dayanya pun akan semakin jarang dan itu berarti akan terjadi kelangkaan yang merugikan orang banyak. Maka dari itu masyarakat dan pemerintah serta aparat keamanan harus bersikap tgas dan saling bekerja sama serta memberi sanksi yang sangat tegas agar bagi mereka yang melakukan pembelalakan liar dan penambangan liar dapat ditangkap dan akan kapok sehingga tidak ada lagi kegiatan pembelalakan liar dan penambangan liar terus menerus.
    3. Kalau ilmu terapan adalah cabang ilmu yang membahas secara khusus tentang penerapan teori ekonomi pada suatu rumah tangga produksi. sedangkan ilmu deskriptif yaitu kajian yang memaparkan secara apa adanya tentang kehidupan ekonomi suatu daerah atau negara pada suatu masa tertentu.
    4. Peranan dari rumah tangga konsumen dalam rang memenuhi kebutuhan hidupnya adalah sebagai pemakai barang atau jasa sekaligus sebagai sumber daya produksi yang menyediakan tenaga dan modal.
    5. Peranan dari rumah tangga pemerintah menurut pendapat saya cukup banyak antara lain sebagai penanam modal, pemasok tenaga kerja (ahli), pemakai barang (ekspor bagi kita), dan pemasok hasil produksi yang kita butuhkan (impor bagi kita).


    zhika rahma safitri kelas X-E

    BalasHapus
  4. Nama : Farliani Hijriana
    kelas : X-f
    No. absen : 17

    1.kelangkaan=keadaan tidak seimbangnya antara jumlah kebutuhan dengan jumlah alat pemuasnya.

    2.karena hal-hal tersebut merupakan kegiatan menghabiskan/mengkonsumsi tetapi tdk mengikuti prosedur yg ada, sehingga tdk ada usaha untuk memperbaharui.tentu saja hal ini akan menyebabkan kelangkaan.

    3.I.E.terapan=ilmu yang mempelajari tentang praktek kegiatan ekonomi dlm kehidupan sehari-hari.
    I.E.deskriptif=ilmu yg mempelajari tentang keadaan apa adanya tentang kehidupan ekonomi di suatu daerah/negara.

    4.peranannya menghabiskan/mengurangi nilai guna suatu barang/jasa hasil produksi,sehingga terjadi hubungan timbal balik yg saling menguntungkan.

    5.sebagai pengawas,pelindung dan pengatur.
    Ex. membuat peraturan,fasilitas umum dsb.

    BalasHapus
  5. Nama: Fransisca Ferita Juliana
    Kelas: X-F
    No Absen: 21

    1.Kelangkaan ialh sesuatu yang sulit ditemukan atau bahkan punah.

    2.Pembalakan liar dapat menghabiskan sumber daya alam dan dapat membuat kelangkaan,persediaan kayu akan habis/punah.

    3.Ekonomi terapan ialah sesuatu kegiatan yang sering dilakukan di dalam kegidupan sehari-hari.

    ekonomi deskriptif:gambaran-gambaran mengenai kegiatan ekonomi.

    4. Dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, rumah tangga konsumsi akan memakai/ menggunakan barang dari rumah tangga produksi.

    5. Peranan rumah tangga pemerintah yaitu seperti membuat aturan-aturan, dan perlindungan, sekaligus menyelenggarakan jasa-jasa untuk melayani masyarakat seperti: pembuatan jalan, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas lainnya.

    BalasHapus