Senin, April 23, 2012

Modul T I K 5


Pada pertemuan kali ini, kita akan membuat sebuah aplikasi sederhana pada perhitungan perusahaan rental mobil dengan menggunakan Ms Excel 2007. Pada contoh kasus kali ini, sebuah perusahaan jasa, rental mobil yang bernama DELIAS RENTAL ingin membuat sebuah laporan keuangan dengan dilengkapi data-data mobil yang telah ada. Untuk itu kita dapat menggunakan menú maupun fungsi yang telah kita pelajari dalam membuat perhitungan tersebut, seperti fungsi SUM, fungsi IF, fungsi VLOOKUP, aritmatika, dan hyperlink.
Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
1.      Buatlah empat buah sheet yang telah diberi nama, misalnya sebagai berikut.
a.       sheet1 menjadi Menú,
b.      sheet2 menjadi Tabel,
c.       sheet3 menjadi Laporan_pendapatan,
d.      sheet4 menjadi Total.



2.      Pada sheet “Menu”, buatlah sebuah form yang memiliki tombol dan telah terhubung dengan sheet-sheet yang lain”. Untuk membuat hal ini, pakailah menú hyperlink yang telah kalian pelajari sebelumnya. Contoh form adalah sebagai berikut.


 
3.      Jangan lupa untuk membuat tombol kembali ke menú utama pada setiap sheet yang kalian buat, agar dapat memudahkan kita mengakses setiap sheet. seperti contoh berikut ini.
      
a.       Buatlah sebuah data tabel yang memuat kode mobil, jenis mobil, nomor mobil, dan tarip/hari dari mobil tersebut. Data dapat dilihat seperti contoh berikut.

b.      Jika data input yang dibutuhkan banyak, maka kalian dapat menggunakan fasilitas form yang telah dipelajari sebelumnya.


c.       Maka akan muncul kotak dialog form, And adapt mengisinya langsung melalui kotak dialog form untuk jumlah input yang sangat banyak.




d.      Buatlah sebuah tabel laporan pendapatan pada DELIAS RENTAL, seperti contoh berikut ini.


Keterangan :

Nama Kolom
Rumus
Nama Penyewa
Diisi secara manual
Alamat Penyewa
Diisi secara manual
Kode Mobil
Diisi secara manual
Jenis Mobil
=VLOOKUP(D6,tabel!$A$5:$B$9,2,FALSE)
Nomor Polisi
=VLOOKUP(D6,TABEL!$A$5:$A$9:tabel!$C$5:$C$9,3,FALSE)
Tanggal Ambil
Diisi secara manual
Tanggal Kembali
Diisi secara manual
Lama Pinjam
=H6-G6 (Diisi sec. manual)
Tarip/hari
=VLOOKUP(D6,tabel!$A$5:$A$9:tabel!$D$5:$D$9,4,FALSE)
Biaya Rental
=G6*H6
Disc. 10%/3 hari
=IF(G6>3,(G6-3)*10%*H6,0)
Pajak 10%
=I6*10%
Total Bayar
=I6-J6+K6

e.  Copylah seluruh rumus-rumus tersebut dengan klik dan drag mouse pada rumus tersebut ke baris bawah sampai dengan selesai.
f.        Copylah seluruh rumus-rumus tersebut dengan klik dan drag mouse pada rumus tersebut ke baris bawah sampai dengan selesai.

  Setelah selesai dengan laporan pendapatan, kita akan menuju ke sheet total, yaitu laporan singkat yang memuat kolom Kode Mobil, Jenis Mobil, Nomor Polisi, Jumlah Penyewa, dan Jumlah Pendapatan.

Keterangan :
Nama Kolom
Rumus
Kode Mobil
Diisi secara manual
Jenis Mobil
=VLOOKUP(A7;Table1[[KODE MOBIL]:[JENIS MOBIL]];2;FALSE)
Nomor Polisi
=COUNTIF('LAPORAN PENDAPATAN'!D6:D15;A7)
Jumlah Penyewa
=COUNTIF('LAPORAN PENDAPATAN'!D6:D15;A7)
Jumlah Pendapatan
=SUMIF('LAPORAN PENDAPATAN'!D6:D15;A7;'LAPORAN PENDAPATAN'!N6:N15)
Total Pendapatan
=SUM(E7:E11)


4.      Sampai disini, kalian telah selesai membuat sebuah laporan keuangan dan data dari Perusahaan Delias Rental. Klik menú utama untuk kembali ke menú awal.
5.      Buatlah data dari sebuah perusahaan yang kalian cari dari berbagai media atau dari materi akuntansi, kirimkan hasilnya ke email : emmy552012@hotmail.com


Praktik Kerja 1

Di bawah ini terdapat tabel data salon yang terjadi pada Perusahaan Jasa Melly’s Salon bulan Mei 2012 :

Kode
Jenis Jasa
Nomor  Barang
Tarip/unit
MS001
Cuci rambut
H 2305 E
Rp 15.000,00
MS002
Creambath
M 2701 E
Rp 25.000,00
MS003
Coloring Hair
T 0308 E
Rp 50.000,00
MS004
Hair Cut
A 1411 E
Rp 25.000,00
MS005
Mani-padicure
Z 0502 E
Rp 25.000,00


      Berdasarkan data di atas catatlah ke Ms. Excel 2007 dengan menggunakan Aplikasi Sedehana. Simpanlah pada file dengan nama : latihan 5_AC pada Lokal Disk D, folder kelas Anda dan folder nama Anda serta mintalah password pada guru pembimbing Anda.

Langkah-langkah Kerja:
1.      Bukalah program Excel 2007 Anda, munculkan menu Form.
2.      Isikan data di atas pada Sheet2 dan ganti nama tabel_data.
Sedangkan pada Sheet1, Anda harus membuat menu untuk data salon Melly’s. Ganti sheet2 dengan nama Tabel dst. Beri nama perusahaan, tanggal laporan, serta tombol hyperlink (TABEL ; LAPORAN PENDAPATAN; TOTAL). Jangan lupa buat tombol hyperlink juga pada sheet2; sheet3; dan sheet4 (MENU atau MENU UTAMA).
3.      Pada sheet3 buatlah kolom berdasarkan tabel berikut.

Nama Kolom
Rumus
No.
Diisi manual
Nama Pelanggan
Diisi manual
Kode
Diisi manual
Jenis Jasa
=VLOOKUP(C6;TABEL!$A$5:$B$9;2;FALSE)
Nomor Barang
=VLOOKUP(C6;TABEL!$A$5:$C$9;3;FALSE)
Jumlah Jasa
Diisi manual
Tarip/unit
=VLOOKUP(C6;TABEL!$A$5:$D$9;4;FALSE)
Biaya Jasa
=F6*G6
Discount 10%
=IF(F6>3,(F6-3)*10%*G6,0)
Pajak 10%
=H6*10%
Total Bayar
=H6-I6+J6


4.  Copylah seluruh rumus-rumus tersebut dengan klik dan drag mouse pada rumus tersebut ke baris bawah sampai dengan selesai. 
5.    Kemudian pada sheet4 buatlah kolom berdasarkan tabel berikut.

Nama Kolom
Rumus
Kode
Diisi manual
Jenis Jasa
=VLOOKUP(A7;TABEL!$A$5:$B$9;2;FALSE)
Nomor Barang
=VLOOKUP(A7;TABEL!$A$5:$C$9;3;FALSE)
Jumlah Pelanggan
=COUNTIF(LAPORAN_PENDAPATAN!$C$6:$C$15;A7)
Jumlah Pendapatan
=SUMIF(LAPORAN_PENDAPATAN!$C$6:$C$15;A7;
LAPORAN_PENDAPATAN!$K$6:$K$15)
Total Pendapatan
=SUM(E7:E11)

Simpan data baru Anda dengan nama file : latihan 1_AC (Sheet1), beri password sesuai dengan password yang disediakan guru pembimbing Anda.
Buku Sumber : Aplikasi Akuntansi dengan Excel by Heri Hidayat, Mahir menggunakan Excel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar