Pada pertemuan
kali ini, kita akan membuat sebuah aplikasi sederhana pada perhitungan
perusahaan rental mobil dengan menggunakan Ms Excel 2007. Pada contoh kasus
kali ini, sebuah perusahaan jasa, rental mobil yang bernama DELIAS RENTAL ingin
membuat sebuah laporan keuangan dengan dilengkapi data-data mobil yang telah
ada. Untuk itu kita dapat menggunakan menú maupun fungsi yang telah kita
pelajari dalam membuat perhitungan tersebut, seperti fungsi SUM, fungsi IF,
fungsi VLOOKUP, aritmatika, dan hyperlink.
Langkah-langkah
yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
1. Buatlah
empat buah sheet yang telah diberi nama, misalnya sebagai berikut.
a. sheet1
menjadi Menú,
b. sheet2
menjadi Tabel,
c. sheet3
menjadi Laporan_pendapatan,
d. sheet4
menjadi Total.
2.
Pada sheet “Menu”, buatlah sebuah form yang memiliki
tombol dan telah terhubung dengan sheet-sheet yang lain”. Untuk membuat hal
ini, pakailah menú hyperlink yang telah kalian pelajari sebelumnya. Contoh form
adalah sebagai berikut.
3.
Jangan lupa untuk membuat tombol kembali ke menú utama
pada setiap sheet yang kalian buat, agar dapat memudahkan kita mengakses setiap
sheet. seperti contoh berikut ini.
a. Buatlah
sebuah data tabel yang memuat kode mobil, jenis mobil, nomor mobil, dan
tarip/hari dari mobil tersebut. Data dapat dilihat seperti contoh berikut.
b. Jika
data input yang dibutuhkan banyak, maka kalian dapat menggunakan fasilitas form
yang telah dipelajari sebelumnya.
c. Maka
akan muncul kotak dialog form, And adapt mengisinya langsung melalui kotak
dialog form untuk jumlah input yang sangat banyak.
d. Buatlah
sebuah tabel laporan pendapatan pada DELIAS RENTAL, seperti contoh berikut ini.
Keterangan :
Nama Kolom
|
Rumus
|
Nama Penyewa
|
Diisi secara manual
|
Alamat Penyewa
|
Diisi secara manual
|
Kode Mobil
|
Diisi secara manual
|
Jenis Mobil
|
=VLOOKUP(D6,tabel!$A$5:$B$9,2,FALSE)
|
Nomor Polisi
|
=VLOOKUP(D6,TABEL!$A$5:$A$9:tabel!$C$5:$C$9,3,FALSE)
|
Tanggal Ambil
|
Diisi
secara manual
|
Tanggal Kembali
|
Diisi
secara manual
|
Lama Pinjam
|
=H6-G6
(Diisi sec. manual)
|
Tarip/hari
|
=VLOOKUP(D6,tabel!$A$5:$A$9:tabel!$D$5:$D$9,4,FALSE)
|
Biaya Rental
|
=G6*H6
|
Disc. 10%/3 hari
|
=IF(G6>3,(G6-3)*10%*H6,0)
|
Pajak 10%
|
=I6*10%
|
Total Bayar
|
=I6-J6+K6
|
e. Copylah seluruh rumus-rumus tersebut dengan klik dan drag mouse pada rumus tersebut ke baris bawah sampai dengan
selesai.
f.
Copylah seluruh rumus-rumus tersebut dengan klik dan
drag mouse pada rumus tersebut ke baris bawah sampai dengan selesai.
Setelah selesai dengan laporan
pendapatan, kita akan menuju ke sheet total, yaitu laporan singkat yang memuat
kolom Kode Mobil, Jenis Mobil, Nomor Polisi, Jumlah Penyewa, dan Jumlah
Pendapatan.
Keterangan :
Nama Kolom
|
Rumus
|
Kode Mobil
|
Diisi secara manual
|
Jenis Mobil
|
=VLOOKUP(A7;Table1[[KODE MOBIL]:[JENIS MOBIL]];2;FALSE)
|
Nomor Polisi
|
=COUNTIF('LAPORAN PENDAPATAN'!D6:D15;A7)
|
Jumlah Penyewa
|
=COUNTIF('LAPORAN PENDAPATAN'!D6:D15;A7)
|
Jumlah Pendapatan
|
=SUMIF('LAPORAN PENDAPATAN'!D6:D15;A7;'LAPORAN
PENDAPATAN'!N6:N15)
|
Total Pendapatan
|
=SUM(E7:E11)
|
4. Sampai
disini, kalian telah selesai membuat sebuah laporan keuangan dan data dari
Perusahaan Delias Rental. Klik menú utama untuk kembali ke menú awal.
5. Buatlah
data dari sebuah perusahaan yang kalian cari dari berbagai media atau dari
materi akuntansi, kirimkan hasilnya ke email : emmy552012@hotmail.com
Praktik
Kerja 1
Di bawah ini terdapat tabel data salon yang terjadi pada Perusahaan Jasa Melly’s Salon bulan Mei 2012 :
Kode
|
Jenis Jasa
|
Nomor Barang
|
Tarip/unit
|
MS001
|
Cuci rambut
|
H
2305 E
|
Rp 15.000,00
|
MS002
|
Creambath
|
M
2701 E
|
Rp 25.000,00
|
MS003
|
Coloring Hair
|
T
0308 E
|
Rp 50.000,00
|
MS004
|
Hair Cut
|
A
1411 E
|
Rp 25.000,00
|
MS005
|
Mani-padicure
|
Z
0502 E
|
Rp 25.000,00
|
Berdasarkan data di atas
catatlah ke Ms. Excel 2007 dengan menggunakan Aplikasi Sedehana.
Simpanlah pada file dengan nama : latihan 5_AC pada Lokal Disk D, folder kelas
Anda dan folder nama Anda serta mintalah password pada guru pembimbing Anda.
Langkah-langkah Kerja:
1.
Bukalah
program Excel 2007 Anda, munculkan menu Form.
2.
Isikan
data di atas pada Sheet2 dan ganti nama tabel_data.
Sedangkan pada Sheet1, Anda harus
membuat menu untuk data salon Melly’s. Ganti sheet2 dengan nama Tabel dst. Beri nama perusahaan, tanggal
laporan, serta tombol hyperlink (TABEL ; LAPORAN PENDAPATAN; TOTAL). Jangan lupa buat tombol hyperlink juga pada sheet2; sheet3; dan
sheet4 (MENU atau MENU UTAMA).
3.
Pada
sheet3 buatlah kolom berdasarkan tabel berikut.
Nama Kolom
|
Rumus
|
No.
|
Diisi manual
|
Nama Pelanggan
|
Diisi manual
|
Kode
|
Diisi manual
|
Jenis Jasa
|
=VLOOKUP(C6;TABEL!$A$5:$B$9;2;FALSE)
|
Nomor Barang
|
=VLOOKUP(C6;TABEL!$A$5:$C$9;3;FALSE)
|
Jumlah Jasa
|
Diisi manual
|
Tarip/unit
|
=VLOOKUP(C6;TABEL!$A$5:$D$9;4;FALSE)
|
Biaya Jasa
|
=F6*G6
|
Discount 10%
|
=IF(F6>3,(F6-3)*10%*G6,0)
|
Pajak 10%
|
=H6*10%
|
Total Bayar
|
=H6-I6+J6
|
4. Copylah seluruh rumus-rumus tersebut dengan klik dan drag mouse pada rumus tersebut ke baris bawah sampai dengan
selesai.
5. Kemudian
pada sheet4 buatlah kolom berdasarkan tabel berikut.
Nama Kolom
|
Rumus
|
Kode
|
Diisi manual
|
Jenis Jasa
|
=VLOOKUP(A7;TABEL!$A$5:$B$9;2;FALSE)
|
Nomor Barang
|
=VLOOKUP(A7;TABEL!$A$5:$C$9;3;FALSE)
|
Jumlah Pelanggan
|
=COUNTIF(LAPORAN_PENDAPATAN!$C$6:$C$15;A7)
|
Jumlah Pendapatan
|
=SUMIF(LAPORAN_PENDAPATAN!$C$6:$C$15;A7;
LAPORAN_PENDAPATAN!$K$6:$K$15)
|
Total Pendapatan
|
=SUM(E7:E11)
|
Buku Sumber : Aplikasi Akuntansi dengan Excel by Heri Hidayat, Mahir menggunakan Excel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar