Pengolahan
Data
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah
angka untuk menghasilkan
informasi.
Kompetensi Dasar : Menggunakan menu dan ikon yang
terdapat dalam perangkat lunak
pengolah
angka
Tujuan Topik Belajar 2:
Setelah mempelajari kegiatan topik belajar 1 diharapkan anda dapat:
1. Menggunakan
fungsi menu form untuk mengisi data pada aplikasi akuntansi
2.
Mendeskripsikan menu dan ikon dalam perangkat
lunak dalam membuat Program Aplikasi.
Dalam sebuah perusahaan tentunya banyak
sekali hal yang perlu kita input ke dalam bentuk tabel sebagai data yang harus
dimiliki perusahaan tersebut. Untuk tabel dalam skala kecil atau sedikit input,
memang tidak diperlukan tips cepat, namun ketika datanya sangat banyak dan
memerlukan kecepatan input, Anda memerlukan sebuah tips untuk melakukan
pekerjaan Anda secara efektif dan efisien.
Ms. Excel 2007 telah menyediakan fasilitas
dalam memudahkan input data secara tepat, pengurutan data serta analisa data
yang terdapat pada kelompok menu Data.
A. Input Data Manual
Jika Anda
melakukan input data pada tabel, Anda biasa menggunakan tombol panah ke samping
dan ke bawah untuk berpindah dari Cell yang satu ke Cell yang lainnya. Untuk
memudahkan perpindahan tersebut dalam melakukan entry/input data, Anda dapat menggunakan
tombol Tabulasi untuk berpindah ke
kolom berikutnya, tombol Enter untuk
pindah ke baris berikutnya.
B. Input data Otomatis pada Form
Jika Anda ingin
melakukan data dalam jumlah besar, peng-input-an data dalam bentukForm akan
lebih mudah dilakukan daripada input data dalam bentuk manual. Bagaimana cara
melakukan input data dalam bentuk Form tersebut? Ikuti langkah-langkah berikut
ini.
1.
Aktifkan salah satu Commands yang tersedia pada Ms.
Excel 2007 yaitu Form, dengan cara sebagai berikut.
A . Klik
Office Button, kemudian klik Excel option yang terdapat dibagian
bawah tabel.
B. Akan muncul kotak dialog Excel Options.
B. Pilih
Menu Costumize. Setelah itu, pada
menu Choose Commands Form, pilih All Commands.
C. Cari
menu Form pada daftar All commands tersebut.
D. Setelah
dapat Form, klik Add maka Form akan muncul atau pindah ke tabel disebelahnya. Setelah itu
klik OK di bagian bawah tabel.
Commands Form akan muncul di sudut kiri
paling kanan dari Customize Quick Access
Toolbar.
2.
Langkah selanjutnya yaitu membuat tabel yang Anda
inginkan, contohnya sebagai berikut.
a. Buatlah
data seperti contoh gambar di bawah ini:
b. Klik
pada salah satu Cell data Anda, dan
klik menu Form yang Anda buat
sebelumnya.
c. Maka
akan muncul kotak dialog berikut, klik OK.
d. Kemudian
akan muncul kotak dialog form sheet1 sebagai fasilitas input data yang Anda perlukan, seperti berikut.
e. Anda
dapat melakukan input data dengan cepat dan efektif karena menggunakan fungsi Form pada Ms.Excel 2007.
f.
Setelah selesai klik Close.
g. Selanjutnya
Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti New, Delete, Find dan sebagainya.
C.
Membatasi
Data (Filter)
Untuk membatasi
data yang ingin kita munculkan, Ms Excel 2007 telah menyediakan fasilitas
tersebut yang dinamakan Filter. Filter, yaitu menyaring data yang kita inginkan
untuk dimunculkan sesuai dengan permintaan atau saringan yang kita inginkan.
Untuk melakukan filter tersebut kita dapat melakukannya dengan cara sebagai
berikut.
1. Melakukan input di awal input data.
Berikut ini adalah
salah satu data yang diperoleh dari penjualan buku yang dilakukan oleh empat
orang sales. Data tersebut dapat dibuat dengan cara sebagai berikut.
a. Sorot
Cell yang diperlukan
b. Klik
tab Insert dan pilih Table.
c. Akan
muncul kotak dialog Create Table,
klik My Tables has Header agar tabel
yang terisi dapat dengan langsung dilakukan filter.
d.
Klik OK.
e.
Hasilnya terlihat sebagai berikut.
f.
Masukkan data yang Anda inginkan ke dalam tabel yang
telah Anda buat.
2. Melakukan input di akhir input data.
Ketika data
sudah tersedia, Anda dapat melakukan filter pada data Anda dengan cara berikut
ini, Misalnya terdapat data sebagai berikut, lalu Anda ingin melakukan filter
terhadap data tersebut.
a. Klik
salah satu kolom judul tabel, kemudian pilih menu design. Pilih menu yang Anda inginkan dari Table Style tersebut.
b. Setelah
Anda mencoba memilih Table Style
yang tersedia, Anda pilih pada menu Home,
yaitu Editing. Pilih Sort & Filter kemudian klik Filter yang berbentuk corong, sekaligus
marquee atau sasaran yang akan dijadikan filterisasi data Anda.
c. Tabel
yang telah diberi filter sebagai
berikut.
d. Untuk
melakukan filterisasi, klik menu panah pada kolom yang ingin Anda ingin filter.
Misalkan kolom Bulan. Maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut.
e. Klik
tanda centang (√) sesuai
dengan kebutuhan Anda pada kolom bulan tersebut. Misalnya kita membutuhkan data
bulan Mei. Maka akan muncul data bulan Mei yang kita inginkan seperti berikut.
Praktik Kerja 1
Di bawah ini terdapat tabel data pembelian perlengkapan & peralatan salon
yang terjadi pada Perusahaan Jasa
Melly’s Salon bulan Mei 2012 :
No.
|
Nama
Barang
|
Harga
|
Jumlah
|
1.
|
Shampoo
|
Rp 12.000,00
|
10
|
2.
|
Conditioner
|
Rp 8.000,00
|
10
|
3.
|
Vitamin rambut
|
Rp 10.000,00
|
25
|
4.
|
Masker rambut
|
Rp 10.000,00
|
50
|
5.
|
Creambath
rambut
|
Rp 20.000,00
|
5
|
6.
|
Harnet rambut
|
Rp 2.000,00
|
50
|
7.
|
Cat rambut
|
Rp 25.000,00
|
5
|
8.
|
Gunting
|
Rp 25.000,00
|
3
|
9.
|
Jepitan rambut
|
Rp 5.000,00
|
10
|
10.
|
Hairdryer
|
Rp100.000,00
|
4
|
Berdasarkan data di atas catatlah ke Ms. Excel 2007 dengan
menggunakan menu form. Simpanlah pada file dengan nama : latihan 1_AC pada
Lokal Disk D, folder kelas Anda dan folder nama Anda serta mintalah password
pada guru pembimbing Anda.
Langkah-langkah Kerja:
1.
Bukalah
program Excel 2007 Anda, klik Button Option, pilih Excel Options.
2. Pada
menu Excel Options pilih Costumize dan Command menu pilih All Commands,
kemudian pilih menu form.
3.
klik
Add, menu form pindah ke tabel kanan kemudian klik OK.
Menu form muncul di sudut kiri atas paling
kanan pada Customize Quick Access
Toolbar.
4.
Blok
range data yang dibutuhkan untuk tabel data soal Anda, klik salah satu judul
tabel dan kemudian klik menu form tadi.
5.
Isilah
data soal Anda pada kotak dialog sheet1
6.
Jika
selesai klik Close.
7.
Simpan
data baru Anda dengan nama file : latihan 1_AC (Sheet1), beri password sesuai
dengan password yang disediakan guru pembimbing Anda.
Praktik Kerja 2
Di bawah ini terdapat tabel data penjualan majalah oleh CV. Delia Efendi
semester I periode tahun 2011 :
Bulan
|
Judul
Majalah
|
Sales
|
Harga
|
Terjual
|
Cabang
|
Jan
|
Femina
|
Andi
|
Rp 20.000,00
|
325
|
Jakarta
|
Jan
|
Trust
|
Johan
|
Rp 18.000,00
|
210
|
Jakarta
|
Peb
|
Kartini
|
Septi
|
Rp 26.000,00
|
290
|
Bandung
|
Peb
|
Femina
|
Johan
|
Rp 20.000,00
|
119
|
Bandung
|
Mar
|
Trust
|
Septi
|
Rp 20.000,00
|
112
|
Yogjakarta
|
Mar
|
Kartini
|
Sapto
|
Rp 26.000,00
|
225
|
Yogjakarta
|
April
|
Ayah Bunda
|
Jiung
|
Rp 14.000,00
|
100
|
Solo
|
April
|
Trust
|
Nanoy
|
Rp 18.000,00
|
200
|
Solo
|
Mei
|
Femina
|
Nanoy
|
Rp 20.000,00
|
180
|
Solo
|
Mei
|
Kartin
|
Jiung
|
Rp 26.000,00
|
100
|
Solo
|
Juni
|
Femina
|
Sapto
|
Rp 20.000,00
|
212
|
Jakarta
|
Juni
|
Ayah Bunda
|
Johan
|
Rp 14.000,00
|
346
|
Jakarta
|
Berdasarkan data di atas catatlah ke Ms. Excel 2007 dengan
menggunakan menu form. Tentukanlah :
a. Penjualan
oleh Sales Jiung
b. Penjualan
selama bulan Mei
c. Penjualan di
kota Solo.
Simpanlah pada
file dengan nama : latihan 1_AC (Sheet2)pada Lokal Disk D, folder kelas Anda
dan folder nama Anda serta mintalah password pada guru pembimbing Anda.
Langkah-langkah Kerja:
1.
Bukalah
program Excel 2007 Anda, klik menu Form yang ada pada workbook Anda.
2.
Salinlah
data di atas dengan menggunakan menu form.
3.
Klik
salah satu judul tabel Anda dan pada menu Home, pilih Editing kemudian pilih
Filter yang berbentuk corong.
4.
Kemudian
muncul kotak dialog dan berilah centang pada data yang Anda butuhkan.
5.
Copy
hasil kerja Anda pada Sheet2 untuk jawaban a; Sheet3 untuk jawaban b; dan
Sheet4 untuk jawaban c.
6.
Jika
selesai beri warna yang berbeda untuk tabel data yang ada buat dengan
menggunakan Table Style pada menu Tables Tools; Design dan pilih warna yang
Anda butuhkan, dimana sebelumnya blok dulu range data yang akan Anda gunakan.
7.
Simpan
data baru Anda dengan nama file : latihan 1_AC (Sheet1), beri password sesuai
dengan password yang disediakan guru pembimbing Anda.
Buku Sumber : Maaf belum dicantumkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar