Kamis, April 05, 2012

MODUL TIK-2


Pengolahan Data

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan 
                                       informasi.
Kompetensi Dasar       : Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak     
                                       pengolah angka
Tujuan Topik Belajar 2:
Setelah mempelajari kegiatan topik belajar 1 diharapkan anda dapat:
1.      Menggunakan fungsi menu form untuk mengisi data pada aplikasi akuntansi
2.      Mendeskripsikan menu dan ikon dalam perangkat lunak dalam membuat Program Aplikasi.

     Dalam sebuah perusahaan tentunya banyak sekali hal yang perlu kita input ke dalam bentuk tabel sebagai data yang harus dimiliki perusahaan tersebut. Untuk tabel dalam skala kecil atau sedikit input, memang tidak diperlukan tips cepat, namun ketika datanya sangat banyak dan memerlukan kecepatan input, Anda memerlukan sebuah tips untuk melakukan pekerjaan Anda secara efektif dan efisien.
     Ms. Excel 2007 telah menyediakan fasilitas dalam memudahkan input data secara tepat, pengurutan data serta analisa data yang terdapat pada kelompok menu Data.


A.     Input Data Manual

Jika Anda melakukan input data pada tabel, Anda biasa menggunakan tombol panah ke samping dan ke bawah untuk berpindah dari Cell yang satu ke Cell yang lainnya. Untuk memudahkan perpindahan tersebut dalam melakukan entry/input data, Anda dapat menggunakan tombol Tabulasi untuk berpindah ke kolom berikutnya, tombol Enter untuk pindah ke baris berikutnya.


B.     Input data Otomatis pada Form

Jika Anda ingin melakukan data dalam jumlah besar, peng-input-an data dalam bentukForm akan lebih mudah dilakukan daripada input data dalam bentuk manual. Bagaimana cara melakukan input data dalam bentuk Form tersebut? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1.      Aktifkan salah satu Commands yang tersedia pada Ms. Excel 2007 yaitu Form, dengan cara sebagai berikut.

A . Klik Office Button, kemudian klik Excel option yang terdapat dibagian bawah tabel.


    B. Akan muncul kotak dialog Excel Options.



B. Pilih Menu Costumize. Setelah itu, pada menu Choose Commands Form, pilih All Commands.
C. Cari menu Form pada daftar All commands tersebut.
D. Setelah dapat Form, klik Add maka Form akan muncul atau pindah ke tabel disebelahnya. Setelah itu klik OK di bagian bawah tabel.




Commands Form akan muncul di sudut kiri paling kanan dari Customize Quick Access Toolbar.

2.      Langkah selanjutnya yaitu membuat tabel yang Anda inginkan, contohnya sebagai berikut.

a.       Buatlah data seperti contoh gambar di bawah ini:




b.      Klik pada salah satu Cell data Anda, dan klik menu Form yang Anda buat sebelumnya.
c.       Maka akan muncul kotak dialog berikut, klik OK.





d.      Kemudian akan muncul kotak dialog form sheet1 sebagai fasilitas input data yang Anda perlukan, seperti berikut.




e.       Anda dapat melakukan input data dengan cepat dan efektif karena menggunakan fungsi Form pada Ms.Excel 2007.



f.        Setelah selesai klik Close.
g.       Selanjutnya Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti New, Delete, Find dan sebagainya.


C.     Membatasi Data (Filter)

Untuk membatasi data yang ingin kita munculkan, Ms Excel 2007 telah menyediakan fasilitas tersebut yang dinamakan Filter. Filter, yaitu menyaring data yang kita inginkan untuk dimunculkan sesuai dengan permintaan atau saringan yang kita inginkan. Untuk melakukan filter tersebut kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut.


1.      Melakukan input di awal input data.
Berikut ini adalah salah satu data yang diperoleh dari penjualan buku yang dilakukan oleh empat orang sales. Data tersebut dapat dibuat dengan cara sebagai berikut.

a.       Sorot Cell yang diperlukan
b.      Klik tab Insert dan pilih Table.




c.       Akan muncul kotak dialog Create Table, klik My Tables has Header agar tabel yang terisi dapat dengan langsung dilakukan filter.




d.      Klik OK.
e.       Hasilnya terlihat sebagai berikut.




f.        Masukkan data yang Anda inginkan ke dalam tabel yang telah Anda buat.





2.      Melakukan input di akhir input data.

Ketika data sudah tersedia, Anda dapat melakukan filter pada data Anda dengan cara berikut ini, Misalnya terdapat data sebagai berikut, lalu Anda ingin melakukan filter terhadap data tersebut.
a.       Klik salah satu kolom judul tabel, kemudian pilih menu design. Pilih menu yang Anda inginkan dari Table Style tersebut.




b.    Setelah Anda mencoba memilih Table Style yang tersedia, Anda pilih pada menu Home, yaitu Editing. Pilih Sort & Filter kemudian klik Filter yang berbentuk corong, sekaligus marquee atau sasaran yang akan dijadikan filterisasi data Anda.



c.       Tabel yang telah diberi filter sebagai berikut.



d.    Untuk melakukan filterisasi, klik menu panah pada kolom yang ingin Anda ingin filter. Misalkan kolom Bulan. Maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut.



e.     Klik tanda centang () sesuai dengan kebutuhan Anda pada kolom bulan tersebut. Misalnya kita membutuhkan data bulan Mei. Maka akan muncul data bulan Mei yang kita inginkan seperti berikut.




Praktik Kerja 1
Di bawah ini terdapat tabel data pembelian perlengkapan & peralatan salon yang terjadi pada Perusahaan Jasa Melly’s Salon bulan Mei 2012 :

No.
Nama Barang
Harga
Jumlah
1.
Shampoo
 Rp  12.000,00
10
2.
Conditioner
 Rp    8.000,00
10
3.
Vitamin rambut
 Rp  10.000,00
25
4.
Masker rambut
 Rp  10.000,00
50
5.
Creambath rambut
 Rp  20.000,00
5
6.
Harnet rambut
 Rp    2.000,00
50
7.
Cat rambut
 Rp  25.000,00
5
8.
Gunting
 Rp  25.000,00
3
9.
Jepitan rambut
 Rp    5.000,00
10
10.
Hairdryer
 Rp100.000,00
4


Berdasarkan data di atas catatlah ke Ms. Excel 2007 dengan menggunakan menu form. Simpanlah pada file dengan nama : latihan 1_AC pada Lokal Disk D, folder kelas Anda dan folder nama Anda serta mintalah password pada guru pembimbing Anda.

Langkah-langkah Kerja:
1.      Bukalah program Excel 2007 Anda, klik Button Option, pilih Excel Options.
2.    Pada menu Excel Options pilih Costumize dan Command menu pilih All Commands, kemudian pilih menu form.
3.      klik Add, menu form pindah ke tabel kanan kemudian klik OK.
Menu form muncul di sudut kiri atas paling kanan pada Customize Quick Access Toolbar.
4.      Blok range data yang dibutuhkan untuk tabel data soal Anda, klik salah satu judul tabel dan kemudian klik menu form tadi.
5.      Isilah data soal Anda pada kotak dialog sheet1
6.      Jika selesai klik Close.
7.      Simpan data baru Anda dengan nama file : latihan 1_AC (Sheet1), beri password sesuai dengan password yang disediakan guru pembimbing Anda.



Praktik Kerja 2
Di bawah ini terdapat tabel data penjualan majalah oleh CV. Delia Efendi semester I periode tahun 2011 :

Bulan
Judul  Majalah
Sales
Harga
Terjual
Cabang
Jan
Femina
Andi
 Rp    20.000,00
325
Jakarta
Jan
Trust
Johan
 Rp    18.000,00
210
Jakarta
Peb
Kartini
Septi
 Rp    26.000,00
290
Bandung
Peb
Femina
Johan
 Rp    20.000,00
119
Bandung
Mar
Trust
Septi
 Rp    20.000,00
112
Yogjakarta
Mar
Kartini
Sapto
 Rp    26.000,00
225
Yogjakarta
April
Ayah Bunda
Jiung
 Rp    14.000,00
100
Solo
April
Trust
Nanoy
 Rp    18.000,00
200
Solo
Mei
Femina
Nanoy
 Rp    20.000,00
180
Solo
Mei
Kartin
Jiung
 Rp    26.000,00
100
Solo
Juni
Femina
Sapto
 Rp    20.000,00
212
Jakarta
Juni
Ayah Bunda
Johan
 Rp    14.000,00
346
Jakarta







Berdasarkan data di atas catatlah ke Ms. Excel 2007 dengan menggunakan menu form. Tentukanlah :
a. Penjualan oleh Sales Jiung
b. Penjualan selama bulan Mei
c. Penjualan di kota Solo.
Simpanlah pada file dengan nama : latihan 1_AC (Sheet2)pada Lokal Disk D, folder kelas Anda dan folder nama Anda serta mintalah password pada guru pembimbing Anda.

Langkah-langkah Kerja:
1.      Bukalah program Excel 2007 Anda, klik menu Form yang ada pada workbook Anda.
2.      Salinlah data di atas dengan menggunakan menu form.
3.      Klik salah satu judul tabel Anda dan pada menu Home, pilih Editing kemudian pilih Filter yang berbentuk corong.
4.      Kemudian muncul kotak dialog dan berilah centang pada data yang Anda butuhkan.
5.      Copy hasil kerja Anda pada Sheet2 untuk jawaban a; Sheet3 untuk jawaban b; dan Sheet4 untuk jawaban c.
6.      Jika selesai beri warna yang berbeda untuk tabel data yang ada buat dengan menggunakan Table Style pada menu Tables Tools; Design dan pilih warna yang Anda butuhkan, dimana sebelumnya blok dulu range data yang akan Anda gunakan.
7.      Simpan data baru Anda dengan nama file : latihan 1_AC (Sheet1), beri password sesuai dengan password yang disediakan guru pembimbing Anda.

Buku Sumber :   Maaf belum dicantumkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar